3 Hal ini Penting untuk Memilih AC Rumah Terbaik

AC atau air conditioner merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan. Perangkat elektronik ini begitu populer digunakan baik untuk hunian, hotel, apartemen, mall, gedung perkantoran, dan berbagai jenis properti lainnya. Bagi pemilik hunian dan berada di kawasan yang beriklim panas serta lembap tentu perangkat elektronik ini begitu dibutuhkan. Sebenarnya tanpa menggunakan AC pun kesejukan bisa didapatkan di rumah. Namun hal tersebut kembali lagi pada tingkat kebutuhan masing-masing pemilik hunian.

Ada banyak jenis dan ragam merk AC yang beredar di pasaran. Ragam jenis merk AC ini menuntut para konsumen harus lebih jeli ketika akan membelinya. Namun anda tidak perlu khawatir, karena di sini akan disajikan hal-hal penting yang harus anda perhatikan dalam memilih AC yang terbaik untuk hunian rumah anda.

  1. Cari dan pilihlah produk AC yang hemat listrik

Ketika akan memilih dan memutuskan untuk membeli AC rumah terbaik terkadang banyak dari konsumen ini mengabaikan spesifikasi dari watt yang dimiliki setiap produk AC. Tidak jarang pula mereka mementingkan harga yang murah dibanding yang hemat energi. Jika anda bingung memilih, ada fitur inverter yang kini mulai banyak ditawarkan oleh sebagian produsen AC yang bisa menjadi alternatif. Kelebihan produk AC inverter ini diantaranya hanya memerlukan waktu singkat untuk mencapai suhu yang diinginkan. Kelebihan lainnya adalah tarikan pertama pada listrik 1/3 lebih rendah jika dibandingkan dengan AC non-inverter. AC inverter ini sangat hemat energi karena daya listrik yang dipakai hanya 30% lebih kecil dibandingkan dengan AC biasa. Kemudian untuk fluktuasi temperaturnya pada AC tidak pernah ada.

  1. Mempertimbangkan segi kesehatan

Seiring perkembangan zaman yang kian maju, maka banyak produsen AC mulai memproduksi AC low watt yang memiliki teknologi mampu membunuh virus, bakteri, dengan teknologi yang dinamakan plasmacluster. Para konsumen tentu menginginkan kondisi yang ideal untuk kesehatan anggota keluarganya di rumah. Teknologi plasmacluster ini telah diuji coba kebenaranya pada sejumlah universitas di berbagai negara termasuk Indonesia. Percobaan dilakukan pada ruangan dengan luas 320 meter persegi, yang rata-rata kelembapannya 80%. Hasilnya, ion negatif dan positif yang ada di plasmacluster mampu membunuh bakteri dan jamur dalam waktu enam jam.

  1. Mengondisikan tingkar kebutuhan

Pada umumnya, banyak orang berpikir bahwa AC 1/2 PK cocok untuk ruangan berukuran kecil. Dan pada AC berkapasitas 2 PK tidak dipertimbangkan pada tingkat kebutuhan. Faktanya yang jarang disadari, ternyata untuk mengetahui berapa kapasitas AC sesuai tingkat kebutuhan tersebut ada perhitungannya sendiri. Dengan menggunakan rumus perhitungan yang pas, maka anda bisa mendapatkan produk AC yang sesuai dengan tingkat kebutuhan.