Tips Memilih Jaket Gunung Yang Perlu Anda Ketahui

Pilih jaket gunung anti air (waterproof) yang mempunyai kwalitas paling baik serta sesuai sama keperluan pastinya begitu perlu untuk di perhatikan. Terlebih bila lihat keadaan iklim serta cuaca di Indonesia (terutama di lokasi pegunungan), mempunyai jaket gunung yang betul-betul anti air serta nyaman digunakan jadi satu diantara prioritas perlu untuk beberapa pendaki.

Banyak product jaket gunung yang mengedar di market, sering buat kita bingung untuk memastikan pilihan. Bahkan juga seringkali, banyak petualang yang menyesal sesudah beli, karna nyatanya sesudah sekian kali dipakai, jaket gunung itu mempunyai kwalitas yang tidak sesuai sama keinginan.

Untuk hindari hal itu, serta bisa pilih jaket gunung yang betul-betul berkwalitas, kesempatan ini saya juga akan cobalah membagikan sebagian panduan serta tips beli jaket gunung yang mungkin saja juga akan berguna buat anda semuanya.

Pilihan anda mungkin saja juga akan merujuk pada sebagian aspek seperti harga, kenyamanan penggunaan, selera fashion, type kesibukan yang juga akan anda kerjakan, dan keadaan seperti apa yang juga akan anda hadapi. Tetapi, sebelumnya pikirkan banyak aspek itu, pelajari serta mengerti kekuatan anti air dari jaket gunung juga akan jadi senjata yang bagus untuk memutuskan dalam pilih jaket gunung yang juga akan anda beli.

1. Ketahui 3 kompartemen yang buat jaket gunung betul-betul anti air (waterproof).

Pada umumnya, jaket gunung umumnya terdiri dalam dua type, yaknijaket gunung water resistant (tahan air) serta jaket gunung fully waterproof (seutuhnya anti air). Jaket tahan air (water resistant) umumnya cuma memercayakan sisi permukaan luar yang dilapis dengan bahan tahan air. Sesaat jaket gunung yang seutuhnya anti air di buat dengan bahan yang mempunyai membran inti waterproof (seperti yang sudah saya ulas di artikel mengenai GORE-TEX) serta segel anti air yang membuat perlindungan jahitan.

Untuk lebih detilnya, mari kita ulas bebrapa sisi itu satu persatu.
a) Susunan tahan air di bagian luar jaket gunung.

Susunan luar pada jaket tahan air seperti yang sudah sedikit di ulas diatas umumnya diperlengkapi dengan susunan tahan air Durable Water Repellency (DWR), atau susunan tahan air beda yang semacam. Susunan ini juga akan buat air tidak dapat masuk menembus jaket seperti yang tampak pada gambar di di bawah ini.

gambar di ambil dari sini
Karna cuma memercayakan susunan luar tahan air serta tidak mempunyai membran anti air seperti pada jaket waterproof, harga jaket gunung water resistant umumnya relatif lebih murah. Hal semacam ini pasti jadi pertimbangan perlu serta mungkin saja pilihan bagus buat anda yang tidak miliki biaya cukup untuk beli jaket gunung yang seutuhnya anti air.

Tetapi kekurangannya, susunan ini relatif tidak tahan lama, serta butuh perawatan spesial. Dalam periode waktu spesifik, waktu susunan tahan airnya sudah betul-betul aus, anda mesti melapisi ulang sisi luar jaket ini dengan product waterproof spray yang saat ini banyak di jual di market.

b) Membran anti air pada bahan jaket gunung anti air.

Seperti yang sudah saya ulas di tulisan mengenai GORE-TEX, membran anti air yang ada pada bahan jaket gunung adalah susunan tidak tebal yang mempunyai banyak pori-pori mikroskopis yang cukup besar untuk keluarkan uap panas badan (atau keringat), serta cukup kecil untuk menghindar air masuk kedalam. Membran berikut yang buat jaket jadi begitu breathable serta nyaman digunakan waktu beraktivitas yang memerlukan banyak gerakan badan seperti mendaki gunung.

gambar di ambil dari sini
Membran ajaib ini diketemukan serta di produksi oleh produsen-produsen penyedia bahan populer seperti GORE-TEX serta eVent, yang banyak dipakai untuk buat product jaket gunung paling baik oleh beberapa produsen perlengkapan petualangan.

Jaket gunung anti air di buat dengan memakai tehnologi susunan tahan air seperti yang dibicarakan diatas, dengan diperlengkapi susunan membran anti air di dalamnya. Pada umumnya, bila dibanding dengan jaket tahan air, dapat disebut jaket anti air mempunyai perlindungan dobel yang juga akan menanggung badan anda tetaplah kering sekalian tidak gerah waktu mendaki di dalam cuaca berlebihan meskipun.

c) Segel anti air pelindung jahitan.

Jahitan pada jaket umumnya jadi celah paling akhir tempat di mana kebocoran seringkali berlangsung. Walau cuma sedikit air yang dapat masuk lewat celah jahitan, tetaplah saja hal semacam ini juga akan kurangi kenyamanan penggunaan terlebih waktu anda hadapi hujan kurun waktu lama serta sudah pasti buat product jaket itu tidak 100% anti air.

Untuk menangani masalah ini, product jaket gunung paling baik umumnya diperlengkapi dengan segel anti air yang membuat perlindungan semua jahitan pada jaket. Penampakan segel ini seperti susunan plastik bening yang menutupi tiap-tiap sisi jahitan pada jaket. Bila anda menginginkan memperoleh jaket gunung yang seutuhnya anti air, yakinkan anda mengecek serta meyakinkan product jaket gunung yang anda tentukan mempunyai segel anti air pada tiap-tiap jahitannya.