Serunya Uji Nyali Berayun Ayunan Langit Watu Jaran

Wisata Jogja seakan tidak pernah ada habisnya. Selalu ada objek wisata baru yang hadir untuk menjawab tantangan dari para wisatawan yang haus akan objek-objek wisata baru. Di setiap kabupaten dan kota yang ada di DI Yogyakarta berlomba-lomba menghadirkan objek wisata baru yang tentunya menarik perhatian para wisatawan. Salah satu objek wisata yang sedang populer dan menjadi pembicaraan banyak orang adalah Ayunan Langit Watu Jaran yang ada di Kabupaten Kulonprogo.

Tenti kita tidak asing lagi dengan kegiatan bermain ayunan. Bermain ayunan merupakan kegiatan yang menyenangkan saat masa anak-anak hingga dewasa. Kegiatan ini biasa dilakukan di taman saat bersantai menikmati suasana yang ada. Namun ayunan yang di Ayunan Langit Watu Jaran jauh dari kata tenang dan damai karena mereka yang berani naik ayunan ini akan merasakan sensasi berayun yang menguji keberanian seseorang. Ayunan di sini ternyata berada di pinggir bukut yang jaraknya jauh dari tanah. Objek wisata ini tidak berbeda dengan sky wing Maribaya di Bandung yang juga sedang populer.

Ayunan Langit Watu Jaran ini menawarkan keseruan bermain ayunan di awang-awang. Ayunan ini didirikan di pinggir jurang. Bagi wisatawan yang berani mereka akan duduk di kursi ayunan dan diayunkan di atas jurang tersebut. Bagi yang takut ketinggian dan memiliki penyakit jantung disarankan menghindari kegiatan ini karena kegiatan ini akan membuat jantung berdebar sangat kencang. Wahana ini sangat aman karena dibangun dari baja yang tahan korosi. Ayunan ini juga mampu menahan beban hingga 500 kg. Selain itu pengunjung yang naik ayunan ini wajib mengunakan tali pengaman. Tidak hanya itu objek wisata ini juga didampingi oleh tim SAR Yogyakarta secara langsung.

Bagi wisatwan yang tidak berani merasakan ayunan mengerikan ini mereka bisa menikmati keindahan alam yang ada di lokasi Ayunan Langit Watu Jaran. Terdapat tempat-tempat foto yang menarik dengan latar Pegunungan Menoreh yang hijau di beberapa sudut tempat ini

Lokasi Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran berlokasi di Dusun Sabrangkidul Rt 10/Rw 5, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Kawasan wisata ini tak jauh dari Gua Kidang Kencono. Dari Kota Yogyakarta, wisatawan bisa menempuh jarak  sekitar 1 jam menggunakan kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang datang dalam jumlah besar bisa rental bus murah di Jogja.

Jam Buka dan Tiket Masuk Ayunan Langit Watu Jaran

Objek wisata ekstrim ini ini buka setiap hari. Tidak ada jam buka resmi ditempat ini namun untuk wahana ayunannya sendiri mulai beroperasi pada pukul 07.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk ke lokasi Ayunan Langit Watu Jaran sebesar Rp 10.000. Untuk merasakan sensasi serunya naik ayunan akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 20.000 untuk 5-10 menit berayun di bibt tebing.