Mengobati Diare pada Anak Usia Dini

Anak yang terserang diare memang sangat mengkhawatirkan. Mereka yang tidak bisa menahan buang air besar seringkali buang di celana dan selalu menjadi PR buat para ibu. Sebenarnya buka repotnya, hanya saja sang ibu selalu merasa kasian melihat anaknya menderita diare. Banyak hal yang dapat menyebabkan diare pada anak yang salah satunya adalah kurang menjaga kebersihan. Nyatanya menjaga kebersihan memang sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Bersih artinya menjaga diri dari sumber penyakit yang nantinya akan menyerang tubuh. Bila sang anak mulai buang air besar dalam bentuk encer, segeralah lakukan pengobatan agar tidak terlanjur parah. Diare atau mencret pada anak cepat sekali mengalami peningkatan karena anak daya tahan tubuh anak masih labil terlebih mereka yang umurnya masih di bawah 1 tahun.

Bila anak terlanjur terserang diare, sebaiknya cepat lakukan pengobatan dan pemulihan pada anak. Diare pada anak usia dini dapat diobati dengan cara sebagai berikut:

Cara Jitu Mencegah dan Mengobati Diare pada Anak dan Balita

kenali gejala dan pengobatan diare pada anak

  1. Berikan ASI ekslusif lebih banyak lagi untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena terlalu sering mengeluarkannya. Bila umur masih di bawah 6 bulan jangna beri air bening, beri saja ASI yang lebih banyak. Selain untuk mencukupi nutrisi dan juga cairan, ASI juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Bisa berikan tajin sebagai penunjang obat bila anak belum sepatutnya diberi obat oralit.
  3. Cuci tangan sebelum memberikan ASI atau pengobatan lainnya untuk menghindari kuman masuk lebih banyak pada tubuh.

Mencret atau diare merupakan salah satu penyebab kematian nomor satu pada bayi. Bila tidak ditangani secara tepat dan cepat maka akan membahayakan kesehatannya. Namun ibu tidak perlu terlalu cemas dan terus-menerus memberikan obat diare pada anak karena itu akan membahayakan organ tubuh yang lain. Untuk itu perlu adanya pencegahan sebelum semuanya terjadi. Pencegahan agar anak tidak mudah terserang diare antara lain:

Kenali Gejala, Pengobatan dan Pencegahan Diare Pada Anak

  1. Menjaga kebersihan lingkungan seperti sumber air, alat memasak, pakaian dan rumah.
  2. Biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan menggunakan sabun antiseptic.
  3. Biasakan mandi dua kali sehari.
  4. Tidak bermain pada tempat yang kotor seperti kandang hewan dan dekat tempat sampah.

Demikian tadi beberapa langkah pengobatan serta langkah pencegahan diare pada anak. Intinya Anda harus selalu menjaga kebersihan baik lingkungan maupun diri sendiri. Bakteri mudah sekali hinggap melalui benda-benda yang dipegang ataupun makanan yang hendak dimakan. Anda bisa menggunakan sabun antiseptic seperti Lifebuoy untuk mencegah masuknya kuman penyebab diare ke dalam tubuh. Lifebuoy merupakan salah satu brand yang menyediakan kebutuhan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan seperti sabun antiseptic. Gunakan sabun Lifebuoy untuk membunuh kuman penyebab diare.