Kue Lumpur

Membuat Kue Lumpur Lembut dan Menggugah Selera

Kue Lumpur
Kue Lumpur

 

 

Kue lumpur merupakan kue basah yang sering kali ditemui di pasar atau di toko-toko kue. Kombinasi dari lembut dan tekstur panggangnya yang halus, ditambah beragam toping seperti kelapa, keju atau kismis membuat kue ini terasa sangat cocok bila disajikan di ruang tamu Anda. Meski identik dengan kentang, ada beberap variasi resep kue lumpur yang ternyata berbahan dasar lainnya seperti, tape, labu kuning atau bahkan tepung beras.

Jika kamu penasaran ingin membuat kue lumpur sendiri dengan tekstur kue yang legir dan lembut, ada beberapa trik yang bisa Anda ikuti agar hasilnya maksimal. Berikut tips-tipsnya :

  1. Tumbuk bahan-bahan yang harus direbus saat masak panas

Sudah dibahas sebelumnya jika kue lumpur bisa dibuat dengan aneka bahan, dari mulai kentang, tape, ubi, labu kuning sampai tepung beras. Bila Anda memilih umbi-umbian seperti kentang, ubi atau labu kuning, kukus atau rebuslah terlebih dahulu agar teksturnya melunak. Agar cepat halus, tumbuh bahan yang sudah direbus tadi selagi panas.

  1. Tambahkan pandan dan santan

Pandan memiliki aroma yang wangi dan khas. Jika ingin kue lumpur buatan Anda wangi, tambahkan pandan pada santan saat direbus. Caranya adalah, ikat simpul pandan kemudian masukkan ke dalam santan. Panaskan santan dengan api kecil sampai mendidih, setelah itu dinginkan di suhu ruangan. Santan bisa dicampurkan ke dalam adonan kue lumpur sesuai resep Anda. Bahan lainnya seperti gula, vanili dan juga garam biasanya juga dimasukkan saat merebus santan. Ini bertujuan agar bahan-bahan tersebut larut dan tak menggumpal saat dimasukkan ke dalam adonan.

  1. Ayak tepung lalu campurkan ke dalam adonan

Tepung yang diayak diperlukan oleh sebagian besar resep kue. Mengayak tepung bisa membuat adonan menjadi lebih ringan. Selain itu, tepung juga akan lebih mudah diaduk dan tercampur dengan bahan-bahan yang lainnya.

  1. Tambahkan keju pada adonan

Keju mempunyai aroma yang khas dan rasa yang sedikit asin. Keju juga ternyata dapat membuat tekstur kue lumpur lebih legit setelah dipanggang. Parut keju, kemudian masukkan ke dalam adonan kue lumpur. Aduk hingga merata sampai kejunya tercampur ke dalam adonan. Jika keju asin menjadi pilihan Anda, jangan lupa untuk cek rasa terlebih dahulu. Samakan takaran gula, garam dan juga bumbu-bumbu lainnya agar kue lumpur memiliki rasa sesuai yang diinginkan.

  1. Sebelum dituang ke adonan, cetakan dipanaskan dulu

Cetakan harus dalam keadaan panas. Dengan begitu, adonan akan lebih cepat masak dan cepat terpanggang. Jika menunggu perubahan suhu cetakan dari dingin ke panas, kue lumpur tidak akan matang secara sempurna. Jangan lupa juga untuk mengoleskan cetakan dengan sedikit minyak, mentega, atau margarin agar adonannya tidak lengket.

 

  1. Panggang menggunakan api kecil

Kue lumpur tidak dimasak layaknya takoyaki yang perlu bolak-balik agar matangnya merata. Maka, Anda perlu memakai api kecil untuk memanggang kue lumpur ini hingga matang. Prosesnya memang menjadi agak lama, namun kue lumpur dijamin tidak akan gosong dan berkerak pada bagian bawahnya. Nah habis adonan di tuangkan di atas cetakan, beri topping pada adonan lalu tutup loyang panggangan sampai matang.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Kue lumpur ini sangat cocok buat Anda yang menyukai kue basah dan baru pertama kali belajar bikin kue. Setelah matang, jangan sampai lupa dinginkan terlebih dahulu kue basahnya agar teksturnya menjadi lebih padat.