Langkah Dasar Perawatan Bayi Baru Lahir

Bukan hanya saat mengandung, setelah melahirkan, tugas para orangtua khususnya Bunda kian banyak. Hal ini akan terasa berat bagi para pasangan muda yang harus merawat bayi sendiri, tanpa bantuan perawat atau keluarga. Ada baiknya sejak awal menjelang melahirkan, para orangtua memahami perawatan bayi baru lahir mendasar. Selain kemampuan merawat bayi akan semakin baik, kedekatan antara orangtua dengan buah hati juga semakin besar. Karena tidak ada kasih sayang sesempurna kasih sayang yang diberikan langsung oleh orangtua pada anaknya.

perawatan bayi baru lahir

Perhatikan Kebersihan dan Keamanan Bayi

Selalu menjaga kebersihan menjadi bagian penting dari hidup sehat. Apa lagi dalam hal merawat bayi. Bayi membutuhkan lingkungan yang bersih, juga perawatan yang fokus dengan kebersihan. Mereka masih rawan terkenal penyakit akibat bakteri dan kuman, bahkan virus. Tubuhnya masih rentan. Usahakan selalu ciptakan lingkungan bersih di sekitar bayi Anda. Begitu juga dengan Anda sendiri, para orangtua, biasakan mencuci tangan sebelum menyentuh bayi Anda, khususnya setelah bersentuhan dengan benda-benda yang kemungkinan besar menjadi sarang kuman dan bakteri. Tidak hanya kebersihan, tetapi juga keamanan. Perawatan bayi baru lahir dengan memastikan keamanannya sangat wajib. Perhatikan saat Anda menggendong, meletakannya di atas kasur, atau pun saat menepuk tubuhnya.

Kegiatan Rutin Setiap Hari, Mulai dari Memandikan, hingga Mengganti Popok

Langkah dasar yang perlu Anda pelajari sejak awal adalah cara memandikan dan mengganti popok. Tentu kedua kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan setiap hari. Untuk memandikan bayi yang baru saja lahir, Anda bisa memanfaatkan meja khusus mengganti popok, atau meja khusus untuk memandikan bayi. Lakukan dengan pelan-pelan, mandikan ia menggunakan air hangat dan waslap. Begitu juga sat mengganti popok, jangan lupa basuh dan bersihkan area kelamin dan pantat bayi dengan air hangat. Lalu keringkan sebelum memakaikan popok.

Posisi Memberi ASI dan Susu

Bayi baru lahir membutuhkan asupan ASI dan susu formula setidaknya 8 hingga 15 kali setiap hari. Dalam perawatan bayi baru lahir ini, pastikan Anda selalu memberi ASI atau susu formula dengan posisi yang benar. Hindari memberi ASI atau susu ketika bayi menangis karena beresiko membuat ia tersedak karena setelah menangis ia akan lebih sulit menelan. Biasakan beri asupan ASI dan susu formula rutin pada waku-waktu yang ditentukan, tidak perlu menunggu ia menangis terlebih dahulu.

Kehadiran buah hati menjadi moment yang snagat membahagiakan. Anda dan pasangan wajib sekali menyediakan waktu khusus untuk merawatnya. Kalau Anda merasa kesulitan dalam melakukan tahap-tahap perawatan bayi baru lahir si kecil, jangan ragu untuk meminta bantuan mereka yang lebih perpengalaman. Anda juga wajib menjaga kondisi fisik dan emosional diri.

referensi artikel cara melakukan perawatan baru lahir yang baik dan benarĀ https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/tips-melakukan-perawatan-bayi-baru-lahir-yang-baik-dan-benar