Hal-hal yang Harus Dikerjakan Ketika Bayi Anda Flu

Hal-hal yang Harus Dikerjakan Ketika Bayi Anda Flu

Waktu bayi terinfeksi virus influenza serta mengakibatkannya terserang flu, umumnya orangtua atau pengasuh bayi juga akan segera cemas menghadapinya. Obat pilek bayi lalu jadikan jalan keluar praktis untuk hentikan penderitaan Si Kecil.

Walau memanglah terdorong oleh kemauan baik, sayangnya pemberian obat pilek untuk bayi bukanlah pilihan yang direferensikan. Terlebih bila obat itu adalah obat pilek yang di jual bebas di market. Untuk bayi, terlebih yang berumur dua th. ke bawah, obat bisa memberi resikonya yang serius. Tidak tanggung-tanggung, nyawa bayi jadi taruhannya.

Hal-hal yang Harus Dikerjakan Ketika Bayi Anda Flu

Bolehkah Berikan Obat Penurun Panas?

Pada bayi yang alami flu serta demam, masih tetap diijinkan di beri obat penurun panas. Sesungguhnya, demam enteng pada bayi adalah tanda kalau badan Si Kecil tengah berupaya untuk melawan virus.

Pemberian obat pereda nyeri, seperti acetaminophen, dikerjakan supaya bayi terlepas dari ketidaknyamanan yang disebabkan oleh demam. Tetapi, janganlah mengharapkan kalau flu juga akan pulih karna obat penurun panas memanglah tidak ditujukan untuk membasmi virus flu.

Yang perlu di perhatikan oleh orangtua atau pengasuh yaitu tentang pemberian obat pereda demam ini serta umur Si Kecil. Bila bayi berumur dibawah tiga bln., jadi acetaminophen atau semacamnya baiknya janganlah diberi pada bayi. Oleh karna dasar dosis penggunaan dapat membingungkan, berkonsultasi dengan dokter dianjurkan supaya pemberian obat type ini pas manfaat.

Pereda panas beda yang dapat jadikan pilihan yaitu ibuprofen. Cuma saja, obat type ini cuma bisa diberi pada bayi berumur enam bln. atau lebih. Tetapi butuh di perhatikan kalau walau bayi telah berumur diatas enam bln., janganlah beri obat ini bila Si Kecil alami dehidrasi atau muntah berkelanjutan.

Apa yang Baiknya Dikerjakan?

Alih-alih memberi obat pilek bayi, sebagian aksi berikut ini dianjurkan pada beberapa orangtua waktu bayi mereka alami flu.

  1. Redakan demam Si Kecil
    Bila Si Kecil baru berumur 3 bln. atau lebih muda serta alami demam, orangtua atau pengasuh baiknya selekasnya menghubungi dokter. Seseorang dokter anak menyebutkan kalau obat dengan kandungan asetaminophen bisa diberi pada anak berumur 4 bln. ke atas. Yakinkan dosis obat yang dipakai yaitu dosis untuk tetes obat bayi bukanlah untuk tetes obat anak. Bila bebrapa sangsi, hubungi dokter untuk meyakinkan dosis pemberian yang pas.
  2. Menghindari bayi dari keadaan dehidrasi
    Melindungi cairan badan bayi tetaplah terbangun perlu dikerjakan, tidak membeda-bedakan berapakah umur Si Kecil. Untuk bayi yang berumur kurang dari empat bln., cuma ASI atau susu formula yang dibutuhkannya. Berikan sedikit air putih terkecuali ASI untuk bayi yang telah berumur empat bln.. Bagaimana dengan juice buah-buahan? Juice yang diencerkan dengan air putih bisa saja diberi pada bayi dengan prasyarat kalau dia telah berumur enam bln. ke atas.
  3. Meninggikan tempat kepala
    Supaya pernafasan bayi tambah baik waktu alami pilek, coba buat Si Kecil tidur dengan tempat kepala sedikit lebih tinggi. Untuk mempermudah tempat ini, gunakan perlengkapan bayi baru lahir seperti handuk yang diletakkan sebagian diantara kepala serta kasur. Jauhi menggunakan bantal untuk menyokong bayi karna hal semacam ini berisiko mengakibatkan bayi alami mati lemas karena terhambat jalan napas. Hal-hal lain yang dapat dikerjakan yaitu dengan biarkan tidur di kursi mobil spesial bayi (infant car seat) dalam tempat semi tegak.
  4. Redakan hidung terhalang
    Saat alami flu, hal yang paling mengganggu yaitu hidung terhalang. Supaya bayi tidaklah terlalu tersiksa dengan hidung terhalang, seseorang dokter anak merekomendasikan untuk memakai aspirator hidung atau semprotan hidung yang memiliki kandungan garam. Hal semacam ini diinginkan dapat melegakan tenggorokan dari aliran lendir serta bersihkan hidung dari ingus.
  5. Buat kamar uap hangat
    Orangtua atau pengasuh dapat juga meletakkan air hangat didalam bak atau menghidupkan pancuran air panas, di kamar mandi. Hal semacam ini dianjurkan seseorang dokter anak untuk kurangi sukarnya hidung bayi bernapas saat flu. Rekani Si Kecil duduk didalam kamar mandi itu sepanjang sekitaran 15 menit. Hal semacam ini dikerjakan supaya bayi yang tengah pilek dapat hirup uap hangat yang isi ruang. Udara panas dari uap ini dapat buat ingus di hidung bayi lebih gampang keluar. Hal ini dapat juga melegakan dada Si Kecil hingga gampang bernapas lega.

Walau obat pilek bayi tidak dianjurkan, menghubungi dokter tetaplah disarankan, terlebih bila bayi alami demam dengan suhu diatas 38 derajat Celsius. Bayi yang tidak ingin minum dan makan, batuk yg tidak pulih lebih dari tiga minggu, dan mempunyai sinyal tanda dehidrasi juga baiknya dibawa ke dokter. Diluar itu, dokter mesti dilibatkan bila bibir bayi tampak membiru, telinga sakit, serta bayi sulit bernapas dibarengi nada mengi.