Catering Industri, Pengertian, Persiapan Dan Pengelolaannya

Catering Industri, Pengertian, Persiapan Dan Pengelolaannya

Saat ini telah tumbuh berkembang bisnis-bisnis pada berbagai sektor, dan para pelaku bisnis pun semakin bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Tidak terkecuali pada bisnis catering, bisnis ini pun semakin banyak diminati oleh calon pengusaha yang akan memulai peruntungannya di dunia usaha. Wajar saja demikian, karena saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa catering untuk memenuhi kehidupannya, misalnya karyawan pabrik, ibu rumah tangga, hingga pegawai kantoran.

Catering Industri, Pengertian, Persiapan Dan Pengelolaannya

Begitu pula dengan catering jogja sendiri, saat ini telah berkembang menjadi beberapa macam catering, misalnya catering transportasi, catering pesta, catering hotel, dan juga catering industri. Nah, saat ini akan saya bahas “pengertian dan cara pengelolaan catering industri”, berikut penjelasanya :

 

Pengertian catering industri

Catering industri adalah catering yang konsumennya ditujukan khusus untuk karyawan-karyawan yang bekerja pada perusahaan atau pabrik tertentu. Misalnya pabrik produksi motor, pabrik yang memprosuksi baja, dan lainnya.Cara penyajiannya pun biasanya menggunakan nasi box atau rantangan. Yang dihidangkannya pun beragam, biasanya nasi, ayam, sayuran dan buah. Harganya pun cukup murah dan kebanyakan sudah ditanggung oleh pihak instansi perusahaan terkait. Biasanya diperuntukan untuk perusahaan atau pabrik yang mempunyai banyak karyawan.

 

Persiapan usaha catering

    1. Tempat usaha

Jika anda memulai dengan usaha skala kecil, anda dapat memulainya dari dapur rumah anda sendiri sampai ketika usaha anda dapat berkembang. Anda dapat mencari tempat yang lebih nyaman dan cukup luas. Anda harus dapat mengatur posisi barang-barang dan peralatan yang dibutuhkan, karena akan mudah ketika anda membutuhkan alat itu. Disarankan dapur anda memiliki fasilitas yang memadai, misalnya air, listrik dan sanitasi yang baik.

 

     2.  Peralatan memasak

 

Peralatan yang akan digunakan hampir sama dengan peralatan rumah tangga biasanya, hanya ukurannya saja yang berbeda, karena akan digunakan untuk memasak dalam jumlah yang banyak. Peralatan yang dibutuhkan untuk memasak misalnya wajan, panci, kompor, rice cooker dan lainnya. Peralatan ini pun tidak harus baru jika anda sudah mempunyainya, karena akan menghemat keuangan anda untuk pembelian alat. Sesuaikan dengan budget yang sudah disediakan.

 

     3. Perlengkapan tambahan

Perlengkapan tambahan yang dibutuhkan untuk menunjang usaha catering yaitu seperti lemari pendingin, dispenser, peralatan penyajian dan peralatan makan. Secara garis besar perlengkapan tambahan ini digunakan untuk mempermudah dalam pengerjaan pesanan catering.

 

Cara pengelolaan usaha catering

Jika anda sudah siap untuk membuka usaha catering, siapkan segala sesuatunya dengan matang dan siapkan perencanaan yang sudah dipikir secara serius. Karena ada banyak pengusaha pemula yang hanya coba-coba terjun pada bisnis ini dan tanpa perencanaan yang matang, sehingga menyebabkan usahanya berjalan ditempat dan bahkan sampai kehabisan modal.

 

Modal utama untuk membangun suatu bisnis yaitu dikerjakan dengan profesional dan kerja keras. Misalnya memberikan pelayanan yang baik, mengantar tepat waktu sesuai perjanjian dan memberikan mutu dan rasa yang terbaik.

 

Di dalam pengelolaan keuangan suatu usaha catering membutuhkan karyawan yang terampil dalam mengolah keuangan perusahaan sesuai dengan kegiatan transaksi yang terjadi, dapat menghitung pengeluaran dan pemasukan dana, menghitung stok barang . Pengelolaan keuangan yang baik akan menentukan kesuksesan pada suatu usaha.