Cara Memilih Bisnis Sampingan yang Menguntungkan

Menjadi seorang wirausahawan dan sukses karena ide bisnis Anda sendiri tentu lebih mengembirakan dari pada Anda menjadi seorang manager diperusahaan orang. Menjadi seorang wirausahawan memang membutuhkan kerja keras. Namun dengan keuntungan yang tidak sedikit, maka kerja keras itu juga akan terbayar dengan ganjaran yang setimpal. Menjadi seorang wirausahawan kadang berasal dari sebuah perkerjaan sampingan saja. Namun dengan ketekunan dan kerja keras, dapat menjadi bisnis yang menguntungkan.

Cara Memilih Bisnis Sampingan yang Menguntungkan

Pertanyaan yang mungkin menghantui Anda sejauh ini pasti seperti berikut:

  • Apa bisnis yang paling cocok dengan bakat minat saya?
  • Bagaimana cara saya membagi waktu antara pekerjaan utama dan sampingan saya?

Pilih Bisnis yang Fleksibel

Anda tidak perlu khawatir karena banyak pengusaha yang pada awalnya mengalami masalah serupa. Oleh karena itu, pilihlah bisnis atau pekerjaan sampingan yang fleksibel dan tidak mengganggu prioritas pekerjaan utama Anda.

Pilih Bisnis dan Pekerjaan Sampingan yang Mudah Dipelajari

Bisnis bukan hanya memproduksi dan menjual produk atau jasa. Bisnis adalah sebuah proses belajar, layaknya belajar di sekolah atau kampus. Bedanya, kesalahan belajar saat sekolah atau kulah masih bisa Anda perbaiki. Kesalahan saat berbisnis akan membuat Anda rugi bahkan bangkrut. Oleh karena itu pilihlah bisnis yang mudah dipelajari dan dipraktekkan. Jika Anda tekun dan jeli mencari celah, maka dari hal yang kecil tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang besar pula.

Belajar Menyeimbangkan Pekerjaan Utama dan Sambilan

Jadi, penting untuk mengetahui bagaimana memprioritaskan hidup Anda di luar pekerjaan kedua Anda. Sebagai contoh, saya memastikan untuk menyisihkan waktu antara saat saya pulang dari pekerjaan pertama saya dan ketika saya mulai bekerja untuk pekerjaan kedua saya, jadi saya punya waktu untuk menyiapkan makan malam sebentar dan bersantai selama beberapa menit.

Saya juga menyisihkan satu malam per minggu untuk menghadiri acara sosial (atau hanya mendapatkan beberapa jam ekstra tidur). Hal ini terlihat berbeda untuk semua orang: Mungkin Anda berkomitmen untuk bangun satu jam lebih awal untuk menyelesaikannya, atau mempersembahkan sore hari Minggu untuk memasak dan membekukan makanan selama seminggu sehingga Anda bisa menyiapkan sesuatu selain mie ramen di antara pekerjaan.

Pilih Bisnis atau Pekerjaan Sampingan yang Sesuai dengan Bakat Anda

Usahakan pilihlah bisnis dan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan kompetisi dan minat Anda. Dengan demikian Anda tidak perlu susah-susah belajar lagi untuk memulai usaha Anda. Misalnya jika Anda memiliki kemampuan untuk desain grafis dan menjadi desainer grafis disuatu perusahaan, Anda dapat memasarkan karya kartikatur Anda diwaktu luang. Dengan demikian Anda tidak perlu belajar dan beradaptasi lagi. Misalnya jika Anda memaksakan diri untuk menjadi web designer yang mengharuskan Anda menguasai pemrograman web dll.

Pilihlah Pekerjaan Sampingan yang Tidak Melelahkan

Salah satu alasan mengapa banyak karyawan yang memilih beralih menjadi wirausahawan adalah pekerjaan kantoran yang dianggap melelahkan. Jika Anda memutuskan untuk mencari pekerjaan sampingan, pilihlah pekerjaan sampingan yang tidak melelahkan. Beberapa orang memang memiliki stamina yang cukup untuk mengerjakan pekerjaan sambilan. Namun, harga yang harus dibayar adalah waktu bersama teman dan keluarga.

Dengan perkembangan teknologi informasi, perkerjaan sampingan bahkan tidak perlu lagi menggerakkan badan. Dengan berbekal sebuah handphone pun, Anda dapat meraup keuntungan dengan bekerja sebagai agen Kudo. Kudo adalah aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi jual beli pulsa handphone, paket data hingga pembayaran rekening listrik dimulai dari harga saldo Rp.10.000 saja! Anda dapat mendaftarkan diri sebagai agen Kudo di situsnya. Selain itu, Anda juga bisa menjual berbagai tiket pesawat, hingga tiket kereta.